:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Selasa, 26 Juni 2012

[Ulasan Novel] Grey Sunflower

J Dia bagaikan pohon untukku. Saat dia masih kecil, dia memberiku kebahagiaan karena keindahannya. Saat pohon itu tumbuh besar, Dia menjadi tempat bersandarku. Dengan batangnya yang keras dan kokoh, dia tidak pernah mengatakan ‘tidak’ saat aku ingin bersandar padanya. Dengan daun-daunnya dia melindungi aku dari hujan dsan panas matahari. Dia selalu berusaha melindungiku, member yang tebaik untukku. Dan dia selalu tahu cara untuk membuatku tersenyum lagi J hal 186

Judul : Grey SunFlower

Penulis : Ruth Priscilia Angelina

Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Umum

Tahun Terbit : 2010

ISBN : 9789792260878

Tebal : 248 Halaman

Louise, si gadis pencinta bunga matahari, memutuskan melarikan diri ke Belanda untuk membuka lembaran baru setelah kematian cinta pertamanya, Davin. Disaat ia berminat melanjutkan kuliah dan melupakan segala hal yang berhubungan dengan cintanya. Tetapi takdir mempertemukannya dengan Ben, saudara kembar Davin. Perasaan Louise campur aduk, kenangan akan Davin menariknya pada Ben.

Namun seakan hidup

Hidup Louise belum cukup membingungkan, takdir malah memperumitnya dengan menghadirkan kembali Gerald, pria yang pernah mengisi hidupnya dan telah bebrapa tahun menghilang.

Dibayangi kenangan dan balutan kebimbangan bisakah Louise menemukan Bunga Matahari-nya yang sejati ???

SINGKAT CERITA

Louise yang sudah memendam cintanya pada Davin sejak kelas 4 SD hingga kelas 3 SMA, Louise sudah terbiasa memandang Davin hanya dari punggungnya. Hingga lulus SMA mereka berpisah di PromNight dengan pelukan yang erat. Louise melanjutkan kuliah di jurusan arsitek. Disaat belum sangup melupakan Cinta pertama sekaligus cinta terpendamnya datang Gerard yang awalnya membuat kesal Louise namun bisa menjadi ahabat akrab bahkan Gerard selalu dapat membaca apa yang ada dipikiran Louise dan sangant royal pada Louise. Louise yang masih mencintai Davin masih tetap mencari Davin yang ternyata hilang bagai ditelan bumi mulai dari kampusnya yang tak pernah terdaftarnya nama Davin hingga rumahnya. Saat Gerard menyatakan Cinta Louise sudah akan menerima namun karna ada telepon dari Vita sahabat Louise yang memberi kabar bahwa Davin ada di ICU membuat Louise lupakan akan Gerard dan berlari menuju rumah sakit, Gerard yang tau kondisi darurat segera mengantar Louise yang terkilir. Dirumah sakit Louise mengetahui bahwa Davin menderita kanker otak yang parah, awalnya Louise takut menemui Davin tapi dengan dorongan dari Gerard akhirnya Louise berani. Malam itu Louise tak mau meninggalkan sisi Davin, tapi saat Louise tertidur Gerard dengan perhatian membawa Louise pulang keApartement Gerard untuk istirahat *SUMPAH GERARD PENGERTIAN BANGET*. Benar saja kedatangan Louise menjadi penyemangat bagi Davin untuk sadar keesokannya, saat itu pula Davin menyatakan perasaanya pada Louise yang membuat mereka jadian. Gerard tetap perhatian pada Louise bahkan setiap hari ia mengantar dan menjemput Louise yang menjenguk Davin. Dihari ultah Louise yang juga ultah Gerard menjadi hari kepergian Davin, perpisahan yang menyedihkan bagi Louise karna sebelumnya Davin memberikan ciuman terkhirnya bagi Louise. Selama keterpurukannya Louise didampingi oleh Gerard, Vita, Fiko *sahabat Davin & Louise*, ortu Davin, Mama nya Louise serta Davinyang selalu hadir dimimpi Louise. Walau sebelum kepergiannya Davin selalu sudah meminta Louise untuk siap untuk kematian Davin tetap saja Louise tak siap hingga 6 bulan setelah kepargian Davin, Louise memilih pergi belajar ke Belanda yang dilepas dengan tidak rela oleh Gerard yang masih mencintai Louise dan ini menjadi akhir komunikasi mereka. Dibelanda Louise bertemu dengan Ben, saudara kembar Davin. Dan Ben pun menjadi pelindung sekaligus sahabat Louise selama 6 bulan awal perkenalan mereka. Namun setelah itu Ben ingin dilihat sebagai Ben karna ia ingin menjadi Ben dihadapan Louise tanpa ada bayang-bayang Davin, yang akhirnya mereka Jadian.

2 TAHUN KEMUDIAN. Selama jadian dengan Ben, Louise masih saja tak dapat melepas bayang-bayang Davin dan Louise merasakan kekosongan pada hatinya karna ia merindukan Gerard yang tak bisa ditemukannya selama ia pindah ke Belanda. Saat bertemu dengan Gerard yang sudah jadi Dokter diBelanda Louise sangat senang dan menjadi lebih ceria dan hal ini tak luput dari pandangan Ben. Saat harus memilih antara Ben dan Gerard, Louise sempat bingung namun akhirnya ia memilih Ben dan tak menemui Gerard selama beberapa Bulan. Hingga Ben mengajaknya makan siang Louise memaksa mengajak Gerard, Tanpa Louise sadari bahwa sebenarnya makan siang itu adalah alibi Ben untuk melamar Louise. Louise yang menyesal mengajak Gerard menyadari bahwa Gerard sudah ia sakiti lagi karna secara langsung melihat lamaran Ben. Belum lengkap ke Bimbangan Louise ia mengetahui fakta bahwa Gerard dan ben adalah bersaudara (Ben dan Davin adik dari Gerard yang 1 ibu tapi Gerard diasuh oleh tantenya karna Gerard adalah anak diluar nikah, Louise juga akhirnya tau bahwa Gerard lebih lama mencintai Louise disbanding Cinta Louise pada Davin karna dari mereka kecil Gerard sudah mencintai Louise kecil yang bermain dihadapannya). Tapi yang lebih membuat Louise sedih adalah karna Gerard menderita gagal ginjal yang menyebabkanya tak akan bisa bertahan lama jika tak menerima ginjal cangkokan. Louise merasa dirinnya lah yang menjadika semua orang yang mencintainya sakit. Gerard akhirnya selamat karna Ben bersedia melakukan cangkok Ginjal. Tapi naas bagi Ben karna ia meninggal 1 bulan sebelu pernikahaan Gerard dan Louise karna Kanker. Louise menikah digereja yang ia bangun dan ia tetap dapat berbincang dengan Davin melalui mimpinya dan sekarang ditambah kehadiran Ben. Lousie pun memilki anak kembar bernama Ben dan Davin.

Mereka mencintai aku seperti bunga Matahari. Dan aku mencintai mereka seperti warna abu-abu. Tidak memihak kepada siapa-siap. Aku memberikan cinta yang sama seperti warna abu-abu. Abu-abu yang tidak hitan dan tidak putih. Hal 243

MY CJMENT : Gerard aku mau teman hidup ayng seperti dia ^^ Kisah yang tragis buat Louise yang dapat cinta pertama meninggal, bertemu kembaran cinta pertama dan menjalin kasih tapi malah menyadari cinta buat sahabatnya Gerard L Tapi kasian buat 3 bersaudara Gerard, David an Ben yang ketiga-tiganya punya penyakit, sial banget nasib mereka sama-sama berkubang dalam penyakit untungnya masih ada 1 diantara mereka yang bisa Jaga Louise kalo gak kan kasian dia yang PASTI bakal ngerasa dirinya pembawa sial bagi orang-orang yang dicintainnya !!Tapi enaknya Louiseyang bisa tetap berkomunikasi dengan Davin walau hanya lewat mimpi dan aku mau punya buat jadi Malaikat pelindungku J Setting tentang Negara Belanda pun dibuat dengan menarik sebagai pembaca saya bisa ngebayangin Negara Belanda yang sering mendung … But Novel ini dibab awal bikin merinding disko WHY ?? karna alurnya mengingatkan aku pada Cinta terpendam yang sempat pernah kupendam selama bebrapa tahun hehhe jadi curhat *ignore..ignore*. Bunga Matahari sebagai symbol cinta Gerard buat Louise yang manis karn bunga Matahari itu kuat dan tak berduri, Makna Grey Sunflower itu JK bangetttt .secara keseluruhan kisahnya MENARIK hebat buat Ruth sang penulis !!! gak nyesel muter-muter dulu buat dapet dan beli novel ini di BOOK FAIR dengan harga yang sangat MURAHHHH ^^

4 komentar:

  1. Bagussss kannn eonni :D untung ak rekomendasikan, klo nggak dijamin bener2 jd novel terakhir yg eonni baca -__-"

    dongsaemu,(klo ga salah ketik)
    Rahma :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. BAGUS ^^ ngakk yang terakhir tapi sebelum yang terakhir.. ayo novel apa lagi yang sama2 udah kita baca biar heboh kita ditwitter :)

      Hapus
    2. wkwkwk.... apa lagi ya? bingung kan gua ditanya gitu ahaha :D
      btw aku pesen satu yg kaya' Gerard, :")

      Hapus
    3. yahh kalo kayak Gerard aku juga MAUUUU BANGETTT ^^

      Hapus

silahkan meninggalkan jejak kalian para reader

DAN
TERIMA KASIH BUAT READER SUDAH MENINGGALKAN JEJAKNYA ^^ Maaf agak ribet saat komen harus masukin Verifikasi abis Blog ku keserang Spam ampe ribuan dalam jangka waktu cuma 1 hari >.<