:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Sabtu, 27 Agustus 2011

[resensi] Novel - Writer VS Editor


Judul : WRITER VS EDITOR
Penulis : Ria n. Badaria
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Umum
Tahun Terbit : 2011
ISBN : 978-979-22-6586-6

Hidup terkadang tidak sesuai dengan apa yang direncanakan... Kalimat yang tepat untuk menggambarkan kehidupan Nuna R. Mirja, bekerja sebagai pegawai swalayan padahal bercita-cita jadi penulis. Nuna menyebutnya sebagai "pelencengan rencana hidup".

Berkali kali menerima penolakan dari berbagai penerbit atas naskahnya sudah cukup menjadi alasan untuk Nuna untuk melupakan cita-citany. Hingga ia menerima surat dari salah satu penerbit yang menyatakan naskahnya layak untuk diterbit. Sepucuk surat yang membuat Nuna berpikir hidupnya akan mulai berjalan sesuai rencana.

Sayangnya dia salah. Ini justru awal dari berbagai pelencengan hidup lainoya. Mulai dari mendapat editor yang sangat menyebalkan untuk naskahnya. Bertemu kembali dengan cinta pertamanya, sosok sempurna yang slalu membuatnya patah hati, setiap kali ia menyadari perasaannya takkan pernah tersampaikan. Hingga kehilangan orang yang begitu penting dalam hidupnya, yang mengharuskannya berusaha lebih keras di antar dilema cinta yang datang tak terduga.


Cerita singkat
Nuna gadis yang bercita-cita menjadi penulis melenceng dari perencanaan hidupnya karna naskah novelnya slalu ditolak penerbit. Nuna bekerja sebagai SPG swalayan & tinggal seorang diri disebuah kontrakan,Bogor. Hingga suatu ketika naskahnya diterima sebuah penerbit.

Rengga juga seorang pria yang mengalami pelencengan hidup cita-citanya sebagai Jurnalis harus dipendam dan kini ia hanya seorang Editor. Rengga menangani naskah penulis baru (karya Nuna). Rengga juag memiliki kekasih, Marsha yang shoping Holic.

Hubungan Writer & Editor antara Nuna & Rengga tidak terlalu baik karna Nuna yang susah dihubungi (no telp rumah yang diberi milik paman Nuna, No HP juga milik teman Nuna) membuat Rengga Jengkel. Hingga teman Nuna yang lelah dihubungi Rengga memaksa Nuna membeli Hp. Rengga yang akhirnya bisa menghubungi Nuna membalas dendam mengerjai Nuna.Dengan meminta sang Writer yang membayar makan mereka diRestoran (ide Radit, sahabat Rengga).

Dikantor Rengga memiliki atasan baru bernama Arfat yang tampan dan wajahnya slalu dihiasi senyum (yang terbayang diotak saya Choi Si Won). Afrat meminta Rengga memangil Nuna kekantor. Walau heran Rengga tetap memangil Nuna. Saat bertemu ternyata Nuna & Afrat adalah rekan lama. Nuna merasa diatas awan pun menyindir Rengga yang pernah mengerjainya.

Hubungan Rengga & Marsha diujung tanduk karna Rengga yang selalu miskin saat Marha minta dibayarin belanja. Saat Rengga minta pengertian sang kekasih, Marha malah marah. Hingga suatu Mall Rengga & Radit bertemu Marsha dengan pacar barunya membuat Rengga Broken Heart. Disaat patah hati Rengga melampiaskannya dengan mabuk, padahal ia harus ada pertemuan dengan Nuna. Rengga yang mabuk terpaksa diantar Nuna pulang, tiba dirumahnya Rengga malah mencium Nuna.

Saat sadar Rengga ingin minta maaf + mengambil dompetnya yang terbawa oleh Nuna. Disinilah titik balik perasaan Nuna & Rengga yang saling terpesona. Hubungan merekapun berangsur membaik. Hingga suatu kesalahpahaman terjadi yang membuat Nuna sakit hati. Rengga yang sadar kesalahannya datang ke Bogor untuk minta maaf. Tapi ia mendapati Nuna sedang sakit hingga pingsan, Ia pun merawatnya. Namun paginya Afrat datang dan merawat Nuna. awalnya Nuna pikir Afrat yang merawatnya namun Dompet Rengga yang tertinggal menyadarkan Nuna Rengga lah yang menjaganya.

Nuna kini pindah ke Jakarta, ia pun melamar di Global books,penerbit yang menerbitkan novelnya. Saat itu Rengga menjelaskan kesalahpahamanya pada Nuna. Niat Rengga sore hari itu ia mau Nembak Nuna, tapi ia kalah cepat dari Afrat. Patah hati membuat Rengga jutek pada Nuna. Hubungan Rengga & Nuna pun pasang surut. Hingga Nuna tau Rengga meyukainya. Nuna pun menjauhi Rengga karna ia tak mau seperti tokoh utama wanita drama korea yang ditontonya yang mengecewakan tokoh pria yang baik. Hingga mereka harus terpaksa bersama sebagai Writer & Editor dengan profesional mereka tampil. Tetapi sesudah itu Nuna tetap menghindar namun kecerobohannya yang hampir tertabrak membuat Rengga terluka karna menolongnya. Nuna yang bersalah menjengun Rengga. Disitu Rengga terbawa suasana hingga mencium Nuna.

Nuna memutuskan benar benar menjauh dari Rengga. Rengga patah hati namu beruntung karna ia diterima sebagai Jurnalis TV asia dan ia harus ke Singapore. Tak diduga Marsha datang untun minta balikan padanya secara mendadak pula Marsa mencium Rengga yang tak sengaja dilihat Nuna.

Sebelum keberangkatanya Rengga ingin menjelaskan pada Nuna tapi Nuna tak mau tau. Hingga hari H keberangkatan Rengga, Nuna sadar Arfat sudah tau perasaanya. Hingga Arfat merelakan Nuna mengejar Rengga. Tapi nuna Telat Rengga sudah Pergi.

2 TAHUN KEMUDIAN, Diacara tunangan Arfat & Sarah, Nuna bertemu kembali dengan Rengga. Setelah lama hanya tau kabar Rengga dari Radit, Arfat & Sarah membuatnya terharu. Dan mereka pun berbincang meluruskan masalah mereka. Hingga Rengga mau mereka tunangan ditempat Arfat Tunangan.
»»  Baca Selengkapnya...

Rabu, 17 Agustus 2011

[Resensi] Novel - Cinta Paket Hemat


Judul : Cinta Paket Hemat
Penulis : Retni SB
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2007
ISBN : 978-979-22-2830-4

Wajah lumayan, karier ada, dukungan keluarga nggak pernah kurang, punya teman se-geng yang asik abis, bisa ketawa kapan saja, dan... statusnya bukan jomblo. Itulah Pipit. Semua itu cukup jadi modalnya untuk bahagia, kan? Memang.
Tapi, sejak dia mendadak ketiban rezeki jadi ibu bagi Lio, bocah laki-laki umur lima tahun, hidupnya berubah 180 derajat! Putus dengan pacar, tenaga dan emosi terkuras ke sana-sini, pekerjaan kacau-balau---bahkan sampai dipecat---teman-teman menjauh.... Aduh! Semua berantakan!
Apa yang bisa membuat hidupnya kembali cerah seperti dulu?
Dokter yang memeriksanya menyarankan supaya dia segera punya pacar. Ha! Mana ada sih cowok yang mau menerima dia lengkap satu paket dengan Lio?
Pak Sapta yang dewasa dan mapan saja, yang mampu melimpahinya dengan perhatian dan hadiah serb sempurna, tak ingin keasyikannya dengan Pipit ditengahi Lio....
Kebalikan dengan Aries. Cowok sinting itu malah mampu membuat Lio menjadi tenang. Tapi sebelnya, cowok itu hobi bener adu mulut... gak ada brentinya nyela dan berkomentar...


CeRita Singkat
wow jujur Novelnya bagus dan membuat saya enggak mau berhenti baca, karna ada sesuatu yang saya baru tau dalam novel ini :)

Cerita bermula pada Pipit yang menonton berita Gempa diJogja yang mengorbankan nyawa kakaknya, Lia serta Iparnya, Fadli. Kepergian Lia-Fadil membuat Pipit sedih namun si Monyet (panggilan dari Pipit) Aries, adik Fadil menyemangatinya. Hingga ada tanggungan Lagi seorang bocah tampan yang memiliki kelehihan yaitu Lio yang seorang anak Autisme infatil. Setelah rapat keluarga singkat Pipit lah yang dipilih mengurus Lio karna hanya pipit yang memungkinkan sedangkan aries sebagai Reporter membuatnya sulit memberikan waktunya untuk Lio.

Setelah konsultasi dengan dokter yang menangani Lio, Pipit segera menemui Yocky pacar pipit yang super duper Cuek bahkan gak ada Care nya untuk masalah Pipit. Hingga saat Pipit mengutarakan niatannya untuk menikah agar Lio memiliki sosok ayah. Tapi Yocky malah menolak maka Hubungan Pacaran yang sudah 3 tahun pun P.U.T.U.S seketika.

Lio yang baru benar benar dijaga Pipit mengalami kemunduran karna mencari orangtuanya. Tapi Aries yang menurut Pipit Gila menjadi Dewasa bila berhadapan dengan Lio (Aries, Lio & Pipit tinggal diRumah Lia-Fadil).

Dikantor Kerjaan Pipit keteteran karna malamnya Lio tidur terlalu Larut. Aries memberi saran agar ialah yang menjadi tulang punggung, tapi Pipit menolak karna tak ingin jadi benalu + biaya terapi Lio sangatlah Mahal. Pipit yang tengah ngeDROP dibawa paksa oleh Aries keDokter kenalannya. Tapi sang dokter memberi ide pada Pipit agar ia punya Soulmate yang siap mendapinginya. Pada Aries sang dokter sekaligus teman menyarankan agar Aries yang jadi Soulmate Pipit.

Dari sinilah benih-benih Cinta timbul, awalnya Lio yang seperti akan marah saat mau tidur ditenangkan oleh Arier yang membuat Pipit & Aries tidur bersama dgn Lio diRanjang Lio. Pipit semakin Hari semakin kacau dikantor datang telat, selisih paham dengan temannya.

Dihari Libur Aries mengajak Pipit liburan. Liburan tersebut ternyata Aries mengajaknya KeJogja. Pipit diajak bertemu pelukis tanpa tangan yang mengingatkan dirinya yang harus menerima apa yang terjadi padanya. Dan Pipit diajak pula Ke GUA bersama teman teman Aries yang awalnya ditolak hingga membuat ketakutan saat dimasuk ke dalam gua. Didalam gua mereka melakukan Ritual Sepi yaitu mematikan semua cahaya hingga benar benar gelap gulita. Malam Sepulangnya dari gua Pipit mengajak Aries makan malam saat makan malam Aries menjelaskan bahwa kegelapan tadi bisa dijadikan sisi Lio yang Gelap, takut dan Seorang diri hingga Pipit serta Aries harus mau super duper ekstra sabar menjaga Lio. Pipit yang terbawa suasa nembak Aries yang segera ditolak karna aries takut cinta mereka palsu hanya karna Lio, walau ia juga meyukai Pipit.

Kembalinya dari Jogja keadaan diRumah malah dingin Aries seperti menghindar dari Pipit.Untung saja Lio tidak demikian berbeda dari biasanya kali ini Lio mau merespon Pipit. Esoknya pipit datang telat kekantor karma malammya ia curhat sampai malam pada Lio yang sudah Tidur. Pipit dipanggil pak Sapta lalu ke HRD, pipit pun DiPECAT karna kelalaiannya pada tugas akhir akhir ini. Setelah jadi penganguran Pipit hanya menjaga Lio. Tapi kedekatan Amy yang menjadikan Lio sampel dari anak Autis yang sekaligus teman Aries membuat Pipit cemburu. Bahkan Pipit marah marah didepan Amy dan Aries yang pipit kira pacaran. Amy sebenarnya memang suka pada Aries tapi Amy baru sadar Yang dicintainya mencintai Pipit dan Amy Mundur. Pipit yang tengah Galau dapat pekerjaan dari Pak Sapta di caffe XXX BANANA (caffe khusus makanan bahan pokok Pisang) yang hanya mengecek bahan dicaffe pada siang hari. 2 bulan bekerja di XXX BANANA membuat Pipit tahu tentang Pak Sapta yang ternyata masih Lajang. Kemajuan Hubungan pun terjadi pak sapta jadian dengan Pipit.

Kedekatan Sapta dengan Pipit membuat Aries kebakaran Jengot. Namun berjalannya waktu Pipit bosan dengan pak Sapta yang slalu memberinya barang Mewah bahkan Pipit jadi menelantarkan Lio. Pipht mengambil keputusan untuk putus. Aries yang tahu Pipit putus Langsung melamar Pipit..... Good Ending :)

yappppppz Novel ini memberi tahu sedikit tentang Anak Autisme dan dikemas secara Lucu. Jadi bacalah
»»  Baca Selengkapnya...

Sabtu, 06 Agustus 2011

[Resensi] Novel - Zizi: Bintang Jodoh

Yeaachh setelah 1 minggu lebih UAS berlalu skarang waktunya libur selama sebulanan kerjaan saya cuma nonton K-DRAMA jadul 'Wedding' mpe The Greatest Love/ Best Love, Romance Town yang baru baru ini tamat. Tapi Novel baru baca yang ini doank euy *curcol*

hallo Reader ada yang kangen sayakah xixixi... Cekidot Resensi novel yang saya baca, dengan tulisan saya yang masih Blepetan



Judul = Zizi : Bintang Jodoh
Penulis = Lusiwulan
Penerbit = PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit = 2008
ISBN : 978-979-22-4248-5

"Hmm... banyak bintang kamuflase di sini..."
Zizi melongo "Apa, Mbah, eh, maksud saya, Nini...?"
Bahu Melky agak terguncang meredam tawa melihat reaksi Zizi.
"Kamu kebanyakan TP," sambung Nini.
"Apa itu, Ni..., TP...?" tanya Zizi.
"Tebar pesona"

Itu kerjaan Zizi kalau lagi kebingungan dilamar pacar sendiri (padahal pacar sendiri lho, bukan pacar orang lain). Belum lagi kalau sedang sedih, kacau, balau, atau di masa senang, masa manis, masa bodoh sampai bodoh beneran. Tapi jangan salah, hati dan pikirannya luwes meresapi asam-manis pengalaman sebagi momen mematangkan diri. Mau bukti? Ini kutipan perenungannya yang dalam setelah pertemuan tak terduga dengan seseorang :
"...Kalau ada cowok mau nganterin dan mengekor cewek beli pakaian dalam si cewek, bisa diartikan mereka puny hubungan spesial, ya?"
Dalam, kan? Namanya aja pakaian dalam... Kwakwak...

Oke, yang lebih serius, Zizi juga merenungkan papa artinya komitmen, menjadi diri sendiri, cinta yang membebaskan, dan insight lain dalam kehidupan.

Kisah singkat

novelnya berisi dari beberapa bab
1. Bintang Jodoh : menceritakan bagaimana bingungnya Zizi tentang lamaran sipacar, Teddy yang juga tetangganya. Zizi masih belum yakin sampai pergi ke orang pintar jawabannya malah Zizi dibilang kebanyakan TP. Sangking bingungnya akhirnya Zizi nolak lamaran Teddy dan PUTUS begitu saja karna Teddy and family udah ngebet nikahin Teddy.

2. Hikayat Zizi : mengenai Zizi,keluargan
ya Zizi juga kisah awal dekatnya Zizi dengan sitetangga 'Teddy'

3. Momen Terbaik
: putusnya Zizi sudah terdengar oleh seantero kampung yang bikin Zizi ngungsi ketempat Abah. Saat berangkat ia berkenalan dgn Dylan yang saat itu mobilnya sedang mogok. Zizi & Dylan agak deket ampe Dylan berani ngasih unjuk momen terbaiknya ke Zizi

4. Realita vs Idealisme
: Zizi yang baru saja Lulus kuliah cari kerja yang ingin Idealisme namun Realita menginginkan ia berpengalaman baru dapat mencapapi Idealisme pekerjaan yang diinginkan

5. Lingerie Time :
Zizi yang suka disuruh oleh temannya kali ini diminta bantuan oleh Dylan untuk membeli Lingerie untuk pacar Abangny. Saat liat liat lingerie Zizi bertemu Teddy yang bersama wanita. Pertemuannya dengan Teddy bikin Zizi agak cemburu.

6. Salah Tafsir : Mamanya Melky (sahabat Zizi) yang mengira kedekatan Melky dan Zizi pacaran, jadi saat Surprise Party membuat Pacar Melky yang beneran ngambek pas mamanya melky suruh kasih potongan pertama kue ultah buat Zizi. Juga menceritakan gmana bikin pesta kejutan.

7. Kabar Terakhir : Menceritakan Kabar terakhir Teddy yang Gosipnya mau nikah. Kabar terakhir berisi pertemuan antara Teddy dengan Zizi setelah Putus.

8. Manis Manja Grup : Zizi yang sudah kerja dikantor Dylan mengenal Genk Manis Manja Grup yang ngegosipin Dylan agak PLAYBOY. Zizi sempat ngejauhin Dylan setelah dpat konfirmasi Gosip baru Zizi mau deket lagi sama Dylan.

9. Kejutan Balasan : Melky dkk bikin kejutan balik buat Zizi dikantor yang mengakibatkan Zizi kena Semprot siBOS. Untung ada Rafa (abang mantan pacar SMA) yang bantu Zizi ngademin siBos.

10. Monster Jagung
: Zizi yang kayaknya kerja taman wisata dapet klien yang pnya anak nakal bahkan lempar jagung yang bikin Zizi pingsan. Rafa yang nolong Zizi, sepulang kerja mereka malah kayak kencan tapi Rafa membuat Zizi patah hati diakhir pertemuan.

11. Tiga Hari Perasaan
: Rafa yang mulai deketin Zizi walau Zizi udah nolak karna awalnya Rafa yang secara kasat mata ngak mau ada hubungan lebih ama Zizi.
Akhirnya Rafa bisa yakinin Zizi untuk melewati momen terbaik mereka berdua.

12. Temporary Insanity : Zizi yang bertemu Teddy yang Esok hari akan Nikah, pertemuan itu Teddy mengungkap keraguannya tapi Zizi meyakinkan. Di Hari pernikahan Teddy zizi yang pulang dari resepsi langsung minum diCafe dan nelepon Dylan & Rafa. Awalnya Dylan Gendong Zizi tapi pas Rafa datang zizi minta turun dan Tidur. Rafa lah yang nungguin Zizi sampe sadar (ini salah satu momen terbaik mereka).


Secara keseluruhan cerita si Zizi lucu dan emang iya dia TP ke Dylan & Rafa. Endingnya emang kurang jelas karna emang katanya ada lanjutan selanjutnya.
»»  Baca Selengkapnya...