:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Jumat, 22 April 2011

[Resensi] Novel - Perahu Kertas

kembali agan jangan bosen bagi yang udah pernah mampir untuk mampir lagi okeeyyy :))
nic novel hasil pinjeman dari Ike , teman Kampus gw yg lucu, dan polos. Pertama dikasih novel ini padal sebenernya novel ini adalah novel yang paling gw hindari kalo udah di GRAMEDIA, Karna dari sinopsis dinovelnya gw kira tentang petualangan anak SD. Ternyata SALAH BESAR, ini novel bikin gw dari jam 9 pagi sampe jam 5 sore lupa dunia. Jadi benar kata orang "Jangan Lihat dari Covernya"...

Gak nyesel tuch bacanya, butat yang suka Novel juga gw saranin beli yachhh :D

cekidot dahh ceritanya



Judul : Perahu Kertas
Penulis : Dee / Dewi Lestari
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun Terbit : 2009
ISBN : 978-979-1227-78-0

Sinopsis Resmi
Namanya Kugy. Mungil. Pengkhayal. dan berantakan. Dari benaknya mengalir untaian dongeng indah. Keenan belum pernah bertemu manusia seaneh itu.
Namanya Keenan. Cerdas. artistik, dan penuh kejutan. Dari tangannya mewujud lukisan-lukisan magis. Kugy belum pernah bertemu manusia seajaiban itu.
Dan kini mereka berhadapan diantara hamparan misteri dan rintangan. Akankah dongeng dan lukisan itu bersatu? Akankah hati dan impian mereka bertemu ?

Singkat Cerita
Keenan yg sedari kecil tinggal diBelanda bersama neneknya akhirnya harus kembali ke Jakarta, karna ayahnya tidak mau Keenan menjadi seorang pelukis yg membuat Keenan padahal Dulu ibunya juga seorang pelukis. Setibanya di Jakarta keenan mengikuti UMPTN sesuai dgn keinginan ayahnya. Kugy cewek yg bertindak apa adanya, dan sewaktu kecil menganggap dirinya utusan Neptunus karna ia lahir dgn bintang Aquarius, pernah tinggal didekat pantai. Ia sering mengirim pesan pada Neptunus dgn Perahu Kertas namun berjalannya waktu ia sadar semua hanya khayalan. Kugy memiliki cita-cita menjadi Juru Dongeng. Oleh karna itu ia mengambil kuliah di Bandung dgn jurusan sastra. Kepindahan Kugy dari Jakarta ke Bandung dibantu Noni (Sahabat Kugy) yg mengurus keperluan Kugy di Bandung. Keenan yang diterima UMPTN harus segera ke Bandung, saat di Bandung ia akan di Jemput Eko, sepupuh nya. Kugy yg sedang asyik tidur sore ditengah cuaca sore yang sedang diguyur hujan diajak Noni untuk ikut menjemput sepupu Eko (Pacar Noni sekaligus sahabat Kugy) yang akan datang, karna Noni butuh bantuan untuk dorong Fuad (mobil Eko) yang suka Mogok. Kugy yang sempat kesal akhirnya ikut juga, Tapi dengan dandanan orang baru bangun tidur hanya ditambah Jaketnya kebesaran. Tiba di Stasiun Eko yang bingung memcari keenan karna sudah lama tak bertemu & ia juga lupa membawa tulisan seperti ide tante Lena (mamanya Keenan). Kugy yang sewot sama Eko akhirnya pergi cari ide. Keenan yang tiba distasiun bingung mencari sepupunya tsb, tapi tiba-tiba ia mendengar seorang gadis dengan tampilan aneh sedang mengumamkan Namanya. Keenan segera menyapa gadis tersebut. Kugy yg merasa orang tak dikenal tapi tiba tiba menyapa adalah orang yang patut diwaspadai karna itu iapun segera kaburrrr. Noni & Eko yg bingung tiba tiba mendengar speaker dengan suara Kugy distasiun tersebut sedang mengumumkan mencari Keenan. Ternyata Kugy mencuri kesempatan saat Penjaga tidak ada. Akhirnya Keenan bertemu Juga Kugy & Keenan sempat Kikuk tapi akhirnya akrab Juga.
Sepulang dari stasiun fuad Mogok, akhirnya Keenan, Kugy & Eko dorong mobil ditengah hujan. Tiba dikostan Kugy langsung dapat telepon dari Ojos (pacarnya Kugy) yg menasehati kugy supaya jangan mau diajak naik Fuad lagi. Ojos, sebenarnya namanya Joshua yang udah 3 tahun pacaran dgn Kugy, saat di SMA mereka merupakan pasangn klop karna ojos diibaratkan Prince charmin & Kugy adalah Mother Alien, karna Hoby Kugy yg aneh2.
Kugy, Keenan, Eko & Noni punya kebiasaan baru yaitu midnight, nonton bareng dibioskop. Pelayan toko yang biasa disuruh eko ngantri sempat nyangka Kugy & Keenan jadian, yang ditanggapi keenan dgn Mengamini tapi bikin Kugy Kikuk. Mereka juga puny permainan Lingkaran suci yang haru menceritakan keanehan yang pernah dilakukan. Eko mengatakan keanehannya adalah pernah suka pada Kugy yg aneh, tapi akhirnya ia Kenal Noni dan jatuh cinta beneran. Keenan bilang sewaktu di Belanda ia pernah disuruh temannya menyanyi lagu indonesia, yang akhirnya Keenan nyanyi lagu Sakit Gigi nya Rhoma Irama sambil Joget. Kugy sempat binggung akan cerita apa karna yang ia lakukan hampir aneh semua, ia akhirnya cerita kalau ia utusan Neptunus yang suka melapor melalu perahu kertas yang dialiri kealiran air yg pasti bermuara di Laut, yang ditanggapi Keenan yang merasa ia juga utusan Neptunus karna ia juga Aquarius hal itu membuat keduannya kompak. Kugy & Keenan juga pernah berbicara berdua, Kugy bercerita bahwa ia sedang membuat Cerpen tapi ia merasa itu bukan ia karna yang ada diotaknya hanya dongeng seputar wortelina, pangeran Lobak, Peri Seledri, Nyi Kunyit, Hip hop dan Lembah tempat mereka Tinggal. Tapi dia hrus menjadi sukses dulu baru menjadi Juru dongeng. Keenan yg merasa itu dirinya mengiyakan apa yng diucapkan Kugy bahwa didunia Realistis ini memang mereka harus jadi orang lain dulu baru boleh jadi diri sendiri. Kugy juga akhirnya meberikan kumpulan dongengny yang disimpan dan hanya diberikan pada orang tertentu. Keenan yang penasaran malam itupun membaca tulisan Kugy, Keenan juga melhat gambar kugy untuk mengilustrasikan dongengnya (gambarnya jelek). Kenaan yang tergerak hatinya membuatkan ilustrasi atas tiap dongeng Kugy. Ketika diserahkan membuat Kugy terharu.

Saat akan midnight Kugy tidak datang karna pacarnya datang membuat Keenan kehilangan. Keenan juga menghindari Kugy. Tapi suatu ketika mereka bertemu & Kugy meneraktir Keenan karna cerpennya menang. Kugy Juga minta pendapat Keenan tentang Cerpennya. Ketika keenan kasih ternyata pendapat katanya Cerpen karnya Kugy hanya untaian katakata yang indah namun bagi orang yang tau Kugy itu Cerpen tidak bernyawa. Hal itu membuat Kugy kepikiran hingga malamnya ia membandingkan antara Cerpen & Dongengnya memang berbeda, Karna cerpen untuk menyenangkan Orang lain, tapi Dongeng berjalan untuk menyenangkan dirnya membuat Kugy sedih. Keenan yang tau mulai ugy sudah punya pacar mulai menjauhi Kugy.

Di liburan akhir semester mereka pun pulang bersama ke Jakarta. tadinya Keenan sempat kaku tapi suasana mencair juga. ketika tiba di stasiun Kugy di jemput Ojos, Ojos melihat sinyal yang lain dari mereka. Ketika liburan akhir tahun Keenan minta liburan ke Ubud, Bali. ayahnya yang tidak setuju akhirnya menyetujui. sebelum berangkat ke Ubud Keenan menelepon Kugy untuk pamit dan bertanya ingin dibawakan oleh oleh apa, Kugy minta kacang asin. selama di Ubud Keenan merasa seperti dirumahnya karna tempat itu tempat tinggal semua kesenian berada.sedangkan Kugy membuat seperti buku cerita untuk hadia ulang tahun Keenan.

Setelah masuk Liburan. Kugy pulang kebandung terlebih dulu mendapat Info dari Noni bahwa Ia & Eko ingin Menjodohkan Keenan dengan sepupu jauh Noni dari Luar Negri, Wanda. Kugy merasa cemburu tak peduli.
Saat hari Ultah Keenan, Keenan sudah tiba diBandung. Malam itu Kugy sudah Dandan untuk ketempat Keenan bersama Noni & Eko, tak jadi Ikut Karna Kehadiran Wanda, ia juga menyimpan hadiahnya dilemari. Semenjak itu untuk menjaga perasaannya Kugy mempersibuk diri, Ia juga mengajar disekolah Alit. Keenan pun mulai dekat dengan wanda apalagi Wanda bekerja digaleri pameran lukisan. Karena kesibukan Kugy, Kugy & Ojos PuTUS. Kugy yang ditanyai Noni tentang sebab putusnya Kugy & Ojos malah membuat keduanya bertengkar. Kugy sudah dapat diterima oleh muridnya dengan membuat cerita mengenai mereka yang diberi judul "Jendral Pilik & Pasukan Alit" pada sebuah Buku. Suatu ketika Keenan datang menjadi guru tamu diSekolah Alit, setelah membantu ia berbincang dgn Kugy yang telah lama tak dijumpainya. Kugy memberi Keenan buku Cerita "Jendral Pilik& Pasukan Alit" *yang kelak jadi inspirasi bagi Keenan*
Keenan akhirnya dapat menampilkan Lukisannya diGaleri dengan bantuan wanda *tapi keenan tak tahu, Bahkan Wandalah yang membeli 3 Lukisaan Keenan* Keenan & Wanda Jadian, tapi Keenan perlahan merubah gaya wanda menjadi gaya Kugy.
Saat menjelang ultah Noni, Noni menemui Kugy *walau mereka sedang perang dingin* untuk mengingatkan Kugy tentang perayaan ultahnya yang akan dirayakan drumah Noni. Kugy yang menjaga perasaannya tidak Hadir diultah Noni *Karna Kugy tau Wanda & Keenan sudah Jadian* Noni kecewa pada Kugy. Setelah pesta Noni, Keenan mendapati Fakta dari Wanda yang sedang mabuk bahwa Wandalah yang telah membantu Keenan. Keenan kecewa pada Wanda mereka pun PUTUS. Keenan juga memutuskan tidak kuliah lagi & pergi ke Ubud tanpa ada yang tau, kecuali Ibunya. Kugy yang dimusuhi Noni mengambil kuliah agar cepat Lulus. Beberapa tahun setelah Lulus Kugy kejakarta & bekerja dikantor teman kakaknya, Remi. Keenan membangun Kariernya di Ubud berhasil sebagai Pelukis dgn Buku cerita Kugy yg jadi Inspirasi, ia juga menjalani hubungan dgn Ludhe. Kugy yang dekat dgn Remi juga Jadian.
Noni yang akhirnya membuka buku Kugy yang tadinya hadiah ultah untuk Keenan yg tertinggal *padahal udah dititip setahunan loch* Noni dapat membaca perasaan Kugy disitu, ia juga menemukan benang merah untuk semua kejadian, Noni menyesal karna tak menyadari perasaan sahabatnya.Noni segera ke Jakarta sekalian mengurus pertunangannya ia juga memperbaiki hubungannya dgn Kugy. Sedangkan Keenan juga sedang di Jakarta untuk mengurus perusahaan ayahnya karna ayahnya terkena Struke. Dihari pertunangan Eko & Noni, Kugy & Keenan reunian. Saat kugy berlibur ke Ubud dgn Remi, Remi yg sedang digaleri Lukisan Kugy menunggu dgn foto2. Kugy bertemu Ludhe. Ludhe yang melihat tulisan Kugy langsung menyadari Kugy adalah Wanita yang ada dihati Keenan, membuat Ludhe sadar sesuatu.
Beberapa saat setelah di Jakarta Kugy baru sadar Ludhe yang ia temui di Ubud adalah kekasih Keenan yang membuat Kugy patah hati *karna tak mau menyakiti Ludhe yang Baik* menghilang adalah cara Kugy. Remi bingung mencari kekasihnya yang tak bisa ia jumpai. Keenan berhasil tau tempat persembunyian kugy, disitu mereka mengungkapkan isihati mereka. Tapi mereka juga harus menjaga perasaan pasangan mereka ( CINTA TAK HARUS MEMILIKI :( ). Kugy yang sudah kembali biasa dilamar Remi yang langsung diterima. Keenan yang sudah kembali ke Ubud ditolak oleh Ludhe (ia sadar Hati Keenan hanya untuk Kugy). Remi juga akhirnya tau selama ini hati Kugy hanya untuk Keenan yang ternyata pelukis Favoritenya. Dengan besar hati Remi mengikhlaskan Kugy.
Kugy yang melakukan perjalanan berakhir dipantai kenangannya bersama Keenan, siapa sangka ternyata Keenan juga ada disana & mereka berpelukan. Beberapa tahun kemudian, Kugy membuat perahu kertas untuk Neptunus bahwa ia ingin pensiun menjadi mata mata Neptunus, karna sebentar lagi K baru yang sedang ada diperutnya akan hadir Sedangkan Keenan menunggu Kugy & mereka BERPELUKAAAAANNN. Happy Ending :))

credit novel perahu kertas, gambar : http://arifnurrahman.com/wp-content/uploads/2009/12/perahu-kertas1.jpg

2 komentar:

silahkan meninggalkan jejak kalian para reader

DAN
TERIMA KASIH BUAT READER SUDAH MENINGGALKAN JEJAKNYA ^^ Maaf agak ribet saat komen harus masukin Verifikasi abis Blog ku keserang Spam ampe ribuan dalam jangka waktu cuma 1 hari >.<