:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Senin, 12 Maret 2012

[Ulasan Novel] Rumah beratap Bungenvil


Judul : Rumah beratap Bungenvil
Penulis : Agnes Jessica
Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : 2005
ISBN :979-22-1738-X

Setelah mamanya meninggal , Lianka baru tahu bahwa ia cucu wanita kaya raya yang tinggal di sebuah rumah beratap bungenvil. Banyak rahasia dalam rumah itu, menyangkut almarhum ayahnya dan seluruh keluarga nenekny yang tidak terlalu harmonis.
Ia baru tahu bahwa ia sepupu Prisi, Gadis angkuh teman sekolahnya. Feriz, anak baru di sekolahnya, ternyata tinggal dirumah itu juga. Prisil jatuh cinta pada Feriz, Tapi pemuda itu selalu bersikap Dingin terhadap setiap gadis yang mendekatinya.
Kenyataan bahwa neneknya yang tak peduli terhadap keluarganya malah menerima orang asing di rumahnya membangkitkan keingintahuan Lianka. Mengapa neneknya menerima Feliz tinggal dirumah itu? Dapatkah Lianka menyibak rahasia yang di pendam sang nenek? Apa pula rahasia yang disimpan Feriz?


Sinopsis Singkat
Lianka gadis yang Cuek dan ceria, dia sekolah Di SMA FIESTA tempat anak orang kaya bersekolah namun dirinya dan Dyani, sahabatnya, Berbeda karna Lianka masuk mendapat potongan biaya sedangkan Dyani Beasiswa. Lianka tinggal dilingkungan kumuh sebelum berangkat pun kadang Lianka harus sambil mengantarkan dagangan ibunya. Ibu Lianka selalu menyuruh Lianka menikah dengan anak orang kaya. Di sekolahnya Lianka tidak memiliki teman namun ada 3 bersaudara Sepupu yang membuat Lianka sebal yaitu Prisil (Angkuh), Linus (Playboy) & Pascal. Disekolah ada anak baru bernama Feris, seorang yang pendiam namun pintar & memikat hati Prisil. Saat Ibu Lianka meninggal karna kecelakaan Lianka mengetaui fakta bahwa ia memiliki nenek dari ayahnya yang ternyata seorang yang kaya raya. Awalnya karna rasa penasaranlah Lainka mendatangi Rumah beratap Bungenvil yang dimiliki neneknya, Namun sambutan sang nenek meminta Lianka tinggal dirumah itu. Dirumah itu Lianka mendapati ternyata ia tinggal bersama Feris dan juga sepupu dg Prisil, Linus & Pascal.

Dirumah itu ada sebuah misteri mengenai kamar kosong yang tak boleh dimasuki yang dulunya milik Andros, paman Lianka. rasa penasaran Lianka membuatnya menguak satu persatu rahasia masa lalu yang ada dirumah Beratap Bungenvil tersebut. yang pertama mengenai oom Androsnya yang ternyata meninggal karna bunuh diri & memiliki sifat penyuka sesama jenis. lalu kisah cinta ayah dan ibunya yang ditenteng sang nenek. juga kisah neneknya yang memperlakukan anak-anaknya sec ara tidak adil. Namun juga ada Kisah Lianka dengan Feriz yang semakin dekat karna mereka jadi teman curhat sekaligus teman belajar, tapi Lianka pikir Feriz suka Prisil karna suka Kongkow bareng.

Diakhir kisah Nenek Tin menjadi sosok yang lebih tebuka pada cucu-cucu nya yang lain begitu juga pada putri-putrinya dan menantunya yang lain. Feriz & Lianka jadian walau kini Feriz tinggal seorang diri di Apartemen. Prisil Gadis yang angkuh itu harus siap-siap memiliki seorang adaik kecil diusianya yang 17 tahun. sedangkan Linus yang PlayBoy terjerat cintanya pada Dyani yang awalnya hanya Dijadikan objek taruhan Linus, Pascal, Prisil & Feriz (Feriz cuma heeh heeh aja).


Cerita Lain :
1. Lin
Anak ke 9 kehadirannya yang tidak diharapkan karna saat orang tuanya tengah bertengkar, Hingga Tin harus tinggal bersama neneknya yang Miskin. Tin memiliki Adik yang berselisih 2 tahun darinya namun berbeda dengan Lin, Adiknya, Jelita sungguhlah disayang kedua orang tuanya. Saat Lin bermain kerumah orang tuannya ayahnya tidak pernah menegurnya, Ibunya pus selalu marah jika ada keributan (Mirip Kisah Jingga). Hingga saat Ayah &b Ibu Lin meninggal pun ia tak bisa menangis. Namun nenek Tin mau Hidup Tin kelak bahagia dengan pria terpandang, Hingga menyekolahkan Tin disekolah yang Bagus, Saat kepergian neneknya lah Tin mulai merasa seorang diri. Namun kini ia haru tinggal dengan Keluarganya yang baginya tidak mengangapnya ada. Kekasihnya,Edward pun dijodohkan dengan Jelita, Tin merasa kecewa hingga saat sang kekasih ingin kembali namun saat itu sudah tak tepat Ita tengah hamil. Tapi Tin menyerahkan dirinya pada Edward yang akan kembali kebelanda. Sesudah itu Tin dilamar Robert sebagai Istri ke2, 8 bulan menikah ia melahirkan anak laki-laki, Andros yang diharapkan Suaminya. 6 tahun akhirnya Tin melahirkan anak laki-laki lagi, Bernard dan ia memiliki 3 orang putri yg berjarak 2 tahun dari yang lain (Cheryl,Doreen & Elena). Sifat Tin hanya peduli pada Andros membuat Dia memiliki penyimpangan (Homoseksual) yang menyukai sahabatnya Ferry. setelah itu anaknya mogok makan dan saat Tin lengah sang putra Bunuh Diri.

2. Ayah Lianka, Bernard
Bersifat sebagai kakak yang menjaga adiknya yang tidak diperhatikan Ibunya, herryl, Doores & Elena. Juga mengetahui bahwa Abangnya Andros seorang Homo karna kekeangan ibunya. namun saat Andros meninggal Bernard menyesal karna tak denkat dg abangnya tersebut.

3. Ayah Feriz, Ferry
Sahabat Andros yang akhirnya menikah namun saat Feriz berusia 10 tahun, Ferry bercerai dan tinggal diAustralia. Nmaun dia kini sering Mabuk, Sesudah itu ia menikah dg Della gadis bali yg ternyata mantan Pelacur yang suatu ketika mengoda Feriz untuk berhubungan namun karna ditolak Feriz ia mengungkapkan bahwa Ferry Homo. Della pun meninggalkan hidup Ferry & Feriz, namun suatu malam Feriz melihat ayah nye berhubungan dg Pria lain yang membuat Feriz menjadi pendiam & Diteror mimpi Buruk. Dan saat Feriz 17 thn ayahnya Positiv HIV yang membuatnya meninggal.

My Coment : Alur Ceritannya Maju mundur, tapi seru.. Dan juga karna sifat Lianka yang penasran lah Semua Puzzel-Puzzel masa lalu dapat disusun secara utuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan jejak kalian para reader

DAN
TERIMA KASIH BUAT READER SUDAH MENINGGALKAN JEJAKNYA ^^ Maaf agak ribet saat komen harus masukin Verifikasi abis Blog ku keserang Spam ampe ribuan dalam jangka waktu cuma 1 hari >.<