:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Minggu, 01 April 2012

[Ulasan Novel] Dua Bayang bayang


Judul : Dua Bayang Bayang

Penulis : Agnes Jessica

Penerbit : Primanata Publishing

Tahun Terbit : 2003

ISBN : 979-97430-3-6

Saat Veronika menyadari bahwa saudara kembarnya meninggal pada kecelakaan yang sama dengannya, ia mengaku sebagai Felicia untuk menutupi janin hasil perselingkuhan saudara kembarnya tersebut. Tapi ini membuatnya terjebak dalam pernikahan Felicia yang tidak bahagia. Dan ketika suami Felicia jatuh cinta padanya, Veronika berada di persimpangan jalan, haruskah ia mengakui semuanya atau melakukan kebohongan besar ini seumur hidupnya? Lalu satu persatu rahasia Felicia yang terkuak semakin mengejutkan dirinya...

SINOPSIS SINGKAT

Veronika atau Nika adalah wanita berusia 30an yang baru saja bercerai ,bekerja sebagai Artis juga penyanyi. setelah bercerai serta kariernya yang sedang tidak baik membuatnya berfikir berlibur ke Bandung dirumah Felicia atau Lisa yang merupakan saudara kembarnya yang sudah menikah dan punya 2 orang putri berusia 7tahun -Tasya- dan 4tahun -Vania-.Tiba dibandung Nika dijemput Fariz suami Lisa, dalam perjalanan Niak merasa sesuatu dari Fariz. Menurut Nika pernikahaan Lisa merupaka pernikahaan yang Damai tidak seperti dirinya ataupun orangtuannya yang berpisah karna ibu Nika lebih memilih meninggalkan keluargannya dibanding Kariernya. Tapi Esoknya saat hanya berdua dengan Lisa, Nika dapat merasakan ada sesuatu yang disembunyikan Lisa. setelah agak didesak Lisa bercerita bahwa kini ia menjalin hubungan dengan Psikiaternya yang juga teman SMA Nika, Anton. Dan parahnya lagi Lisa mengaku ia sedang hamil 3 Bulan anak Anton, Lisa juga bercerita bahwa hubungannya dengan suaminya tidak baik.Lisa pun mengalami kejadian yang tidak membuatnya tidak senang yaitu dia suka Lupa & lebih sering tidur. Nika ingin Lisa berdiskusi dengan Anton dahulu.

Seminggu di Bandung Nika merasa lebih dekat dengan Keponakannya, setelah hampir 7 tahun ia tidak pernah benar-benar berkunjung ke Bandung. Tiba saatnya pulang Nika diantar Lisa, tapi ditengah jalan Lisa cerita bahwa Anton minta waktu untuk berfikir membuatnya ingin aborsi. Lisa yang sedang hamil mengatakan ngidam bertukar pakaian dengan Nika, dipom bensin mereka bertukar pakaian tapi tetap Lisa yeng mengemudi mobil. Tak lama dari itu Kecelakaan terjadi. Saat setengah sadar Nika mendengar suster mengosipin Nika sang artis telah meninggal saat kecelakaan bersama saudara kembarnya juga dalam kondisi Hamil. Fariz yang datang mengidentifikasi Nika sebagai LIsa, melalui pakaian yang dipakai Nika. Akhirnya untuk menyembunyikan perselingkuhan saudaranya juga melindungi perasaan Tasya & Vania, Nika berpura-pura Amnesia dan menjadi Lisa karna menurutnya jika ia meninggal tak ada yang kehilangan.

Hidup sebagai Lisa, Nika mengetahui beberapa Fakta tentang Lisa dari Anton bahwa Lisa itu mengalami Kepribadian Ganda yang satu bernama Anabella -merupakan wujud dari Ibu Lisa & Nika- yang punya kepribadian Liar suka berhubungan dengan berbagai pria bahkan Tasya adalah hasil hubungan dengan pria yang ditemui dibar, Vania anak dari supir Lisa yang sudah dipecat dan anak yang dikandung Lisa barulah anak Fariz. Sifatnya tersebut adalah apresiasi tidak adanya tempat percurahan hati Lisa. Lisa merasa tergangu dengan pernikahaannya karna teringat ibu mereka, bahkan kecelakaan yang terjadi merupakaan aksi bunuh diri dari sosok Anabella yang lebih dominan daripada Lisa yang pendiam. Fakta itu memperkuat Nika untuk menjadi Lisa yang Amnesia. Tapi sepintar-pintarnya Tupai melompat pasti....... Yah itu terjadi ketika Nika sedang mandi bersama Tasya, Tasya mengatakan didepan Fariz bahwa Tahi lalat Lisa yang diperut sudah Hilang. Fariz akhirnya tau fakta yang sesungguhnya setelah 5 Bulan Nika bersandiwara dan membuatnya menyukai Lisa yang baru bahkan mereka sudah 2 kali berhubungan suami-isteri. 1 bulan ditahan Fariz yang menjadi dingin membuat Nika tidak betah dan memutuskan kembali ke Jakarta.

Jakarta, Nika tau dari Dewi manager yang ternyata saudara seayah dari ibu Nika & nenek Nika juga mengalami gangguan Jiwa yang bisa saja jadi faktor sekian persen dari apa yang dialami Lisa. 1 bulan kembali jadi bintang Nika tetap merasa sepi, hingga Arman -ayah Biologis Tasya- datang serta mengatakan ingin tes DNA pada tasya karna Fariz tidak mengizinkan maka ia minta bantuan Nika. Nika yang tau Fariz sudah tau SEMUA FAKTA tentang Lisa langsung ke bandung ditengah malam karna memikirkan perasaan Fariz. Tiba dirumah Fariz, Nika langsung kerumah sakit karna Vania sakit. Di RS Fariz & Nika bertengkar karna kedantangan Nika yang bisa membuat anaknya merasa kehilanggan 2 kali. Fariz juga sudah menyusun ancang-ancang ke Kanada supaya melupakan semua. Nika berfikir semalaman hingga memutuskan untuk menjadi Tante yang ikut kemana saja keponakannya pergi, tapi ide itu malah disambut Lamaran oleh Fariz yang lansung diterima. 1 bulan kemudian mereka sudah menikah dan sehari saat berbulan Madu ,Nika menelpon Anton untuk memberitau ia sudah menikah dengan Faris karna ia memang tidak mengundang banyak orang karna pernikahaan dadakan itu, dari Anton ia tahu bahwa Fariz mencintainya sebagai Nika bukan Lisa. setelah itu Nika meminta penjelasaan Fariz kenapa mau menikah dengannya yachh walau tak mau jawab akhirnya Fariz mengatakan IA MENCINTAI NIKA yang di sambut Nika.

Komentar ku : Novel ini ada hal uniknya yaitu KEPRIBADIAN GANDA yang dialami Lisa karna memang saya udah pernah baca kisa Sybil, yang mengalami Kepribadian majemuk sampai berpuluh-puluh kepribadian walo cuma 1/3 Novel yang kebaca karna pinjem keGuru gak enak kelamaan & kini sedang baca Novel Karen yang juga mengalami Kepribadian Majemuk sampai 11 kepribadian. Menurut saya kasus yeng membuat Lisa mengalami kepribadian Ganda bukan hal yang Wahhh seperti yang dialami Sybil maupun Karen yang korban sifat orang tua, sering mengalami pelecehan seksual yang kadang berdalih sebagai ajaran Agama dan kejadian lain yang buat saya merinding kalo Lisa terlalu simpel ia seorang pendiam yang memendam perasaannya seorang diri bahkan ia harus menikah padahal Pernikahaan membuatnya lebih tertekan. Dan sifat SOK PAHLAWAN Nika membuatnya dikatakan Egois oleh Fariz yang tidak tau apapun. Sorry kepanjangan karna Garis besar Novelini saya SUKA yaitu KEPRIBADIAAN GANDA lisa & NIKAH PALSU karna sifat SOK PAHLAWAN Nika.

3 komentar:

  1. jadi ingat drama Vampir prosecutor dimana ada episode cerita gadis berkpribadian ganda....

    Hmm,sebenarnya itu faktor lingkungan juga bener kata devi kebanyakan karna kasus tertekan juga mengalami pelecehan seksual.
    Sifat pendiam dan jarang bergaul atau kurang suka share juga penambah hal itu menjadi dominan.

    Beneran ngeri jika punya teman seperti itu.....

    BalasHapus
  2. kalo kata ku malah kasian unnie apalagi kalo udah baca kisah Syibil sama Karen walo tiap kisah aku baru baca 1/3 isi novel tapi ngeri bacanya ^^ Moga-moga gak ada lagi yang ngalamin deh kepribadian Ganda....

    BalasHapus
  3. Tau alamat download nya novel ini gak?
    Terimakasih sebelumnya..

    BalasHapus

silahkan meninggalkan jejak kalian para reader

DAN
TERIMA KASIH BUAT READER SUDAH MENINGGALKAN JEJAKNYA ^^ Maaf agak ribet saat komen harus masukin Verifikasi abis Blog ku keserang Spam ampe ribuan dalam jangka waktu cuma 1 hari >.<