:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Sabtu, 09 Juli 2011

[Resensi] Novel - Fairish

hay balik lagi akhirnya posting lagi tentang Resensi Novel setelah tau ternyata ada yang nunggu. ini diresensiin langsung setelah baca novelnya lochh jadi masih hot hotnya di otak dan mungkin agak panjang :)

Cekidotttttt

Lagi-Lagi dipinjemin Novel... Cekidot novel yang baru sudah dipinjamkan lebih dari 1 bulan baru baca lagi & post ini juga udah mandek di draft sebulanan ini mending masih ada beberapa post lagi yang mandek di draft lebih lama dari ini :0

Judul : Fairis
Penulis : Esti Kinasi
Penerbit : PT GRAMEDIA PUSTAKA UMUM
Tahun Terbit : 2004ISBN : 979-22-0940-9

"lo pura-pura jadi pacar gue ya, Rish? Biar gue nggak dikerubutin cewek-cewek centil itu." pinta Davi."Tapi... konsekuensinya, Dav" ujar Irish pelan."Elo punya cowok?" Kali ini ganti Davi yang tersentak kaget. "Atau... Lagi ada yang elo suka?"Iris buru-buru geleng kepala. "Bukan gitu. Kalo mereka nyangka kita beneran...""Biarin aja. Bagus malah!" Davi mengenggam kedua tangan Irish.Akhirnya Irish menerima permintaan Davi meskipun dengan setengah hati. Tapi setelah dijalani, Irish senang kok menjadi satu-satunya cewek yang paling dekat dengan Davi, walaupun cuma untuk sementara dan tanpa ada ikatan apa-apa.Iris emang nggak secantik Penelope Cruz. Dia cuma cewek biasa, yang di sekolah pun sama sekali ngak ngetop. Karena itu Davi merasa aman, soalnya dia merasa nggak bakalan naksir Irish. Tapi saat muncul cowok lain yang bikin Irish terpikat, kok Davi jadi nggak rela kehilangan Irish, ya ?

Cerita Singkat

SMA Palagan, ada seorang murid baru bernama Davidio Daniel Dharmawan yang dipanggil Davi. Awal kemunculannya membuat cewe cewe diSMA Palagan terpesona, ia memilih duduk disebelah Fairish (dipanggil Irish) yang kecil, lucu. Cewek cewek yang mencoba menarik perhatian Davi selalu nongkrongin tempat duduk Irish yang membuat pemilik tempat duduk harus mengungsi tiap sebelum mulai pelajaran. Davi tipe pria yang jarang bicara, dingin pada wanita bahkan Wulan pernah menjadi korban amarahnya karna lelah digangu. Tapi Irish juga heran karna Davi berbeda jika didepan Udin dkk (cowok2). Hingga Irish yang sempat takut dgn halus mengusir Davi sebagai alasanya pemilik tempat duduknya ada sedang sakit & diRawat Di RS. Irish merupakan satu satunya cewek yang cuek pada Davi. Davi yang tiba2 datang kerumah irirsh mengajak irish pergi dengan alasan menjenguk orang yang memiliki bangkunya. Tapi ditengah jalan Davi mengakui telah menjenguknya & malah bercerita mengenai kekasihnya yang terdahulu meninggal saat Davi yang suka ngebut membawanya kekebun teh tempat favorit pacarnya. Setelah bercerita Davi menuangkan emosinya dengan memarahi Irish yang sedang menenangkannya. Irish yang kesalpun marah pada Davi, yang membuat Davi tertawa dan kembali ke tujuan utamanya mengajak irish keluar yaitu ingin Fairish berpura-pura jadi pacarnya dimulai saat pesta ultah teman sekelasnya yang kaya buangettttt (Metha). Tapi jika Fairish punya Cowo yang ditaksir mereka akan selesai (pura-pura pacarannya).

EsoknyaDisekolah Davi tetap cuek pada Irish namun pulangnya ia baru mendesak Irish. Tiba saat yang ditunggu Davi & Fairish datang kepesta ulang tahun Metha. Dipesta ulang tahun itu tatapan para cewe memandang Irish dengan sinis,yang membuat mereka segera pulang. Disekolah berita jadiannya Irish & Davi langsung merebak, dan membuat Davi jadi Protektif terhadap Irish. Davi dan irish kemana mana selalu berdua, Hingga mendadakhari dan waktu Ekskul mereka bersama, Irish yang habis Rapat langsung diculik Metha,Wulan dkk kerumah Daniar yang dekat sekolah. Tepat saat mereka memaksa Irish cerita tentang 'mengapa mereka bisa Jadian ?' Davi datang menolong. Kejadian tsb membuat Davi lebih protek pada Irish. Wulan dkk membuat pansus untuk membuat Irish Cerita tapi usaha mereka sia sia. Hingga saat tanding basket pansus tsb memboykot seluruh siswa agar tak datang bahkan cherrs pun diBoykot. Hingga Udin dkk membantu, yaitu dengan menjadi Cherrs laki-laki dadakan yang membuat pertandingan Ramai & Meruntuhkan rencana Pansus.Hingga pansus mengalihkan Rencana dengan mencekal Vaya, sahabat Iris untuk berjualan Kripiknya diKoperasi. Awalnya Davi cuek tapi setelah tau teman irish jadi tersangkut akhirnya ia mengproklamirkan bahwa ialah yang menyukai Irish karna Irish Cuek padanya, pernyataan itu membuat angota pansus kecewa & patah hati. Kedekatan Irish dengan Davi membuat Fairish menyukai Davi, tapi sayang Davi hanya sweat saat didepan banyak orang & dingin saat mereka berdua. Hingga Irish memantapkan hatinya untuk menghalangi rasa itu tumbuh tapi harus MATI !! Hingga Irish tak lagi memiliki perasaan untuk Davi. Padahal dilain hati Davi juga mulai menyukai Irish namun ia kurang yakin terhadap perasaan Irish padanya sehingga Davi menutupi perasaannya.

Di SMA PALAGAN lagi lagi ada seorang murid baru, Alfa yang memiliki sifat Riang. Pertama bertemu Irish, Alfa langsung menyukainya dan mengejar Irish walau tau Irish sudah berpacaran dengan Davi. Hingga aksi nekadnya merebut hati Fairish membuat murid murid SMA PALAGAN geleng geleng kepala. hingga ia menemukan celah yaitu ketika tanpa sengaja melihat Fairish yang sedang seorang diri melihat lihat Lukisan. Alfa langsung menyapa Fairish yang dijawab Fairish dengan baik padahal biasanya Jutek, Hingga Alfa memperlihatkan pengetahuannya dalam Lukisan, hal ini lah yang membuat Alfa dapat mendekatkan dengan nya dengan Irish. Hingga gosip Di Sma Palagan pun beredar saat mereka melihat lukisan "Nyaris" (read hampir bugil) dari Metha. Davi yang meminta penjelasanpun terbakar api cemburu, Hingga Irish minta pertanggung jawaban Alfa. Tapi Alfa malah ngasih saran P.U.T.U.S yang membuat Irish ingat jadiannya dengan Davi hanya Tameng untuk Davi. tapi sat ia sedang ngedumel Davi datang dan minta maaf, Esoknya Irish pun menjelaskan tiap jadwalnya pergi kepameran dengan Alfa pokoknya hari Irish selalu dengan Alfa, Diam diam sebenarnya Davi menahan RASA CEMBURUNYA. Hingga saat Alfa akan membonceng Irish, Emosi yang dipendan Davi pun Tersulut. Davi lalu membawapaksa Irish kemobilnya yang membuat Alfa marah dan mengejar Mobil DAVI. Alfa pun mengancam jika Irish kenapa napa irish akan jadi miliknya bahkan Alfa menyiratkan bahwa hubungan Irish dengan Davi hanya pura pura. Irish Pun benar-bener marah saat Davi memarahinya karna ia mengatakan hubungannya yang sebenarnya pada Alfa. Esoknya dengan Usaha yang keras Davi dimaafkan, dan karna bertenkar sebelum berangkat mereka jadinya bolos ke tempat galeri sepupuhnya Davi.


Esoknya Alfa sudah ada Dibangku Davi dan mengancam Akan datang saat jm pulang sekolah untuk nonjok Davi. pulang sekolahpun tiba dan benar saja aLFA DATANG DAN MENUTUP PINTU KElas. awalnya Irish takut dan memeluk Davi tapi ia disuruh duduk jauh dari mereka. benar saja Alfa langsung memukul Davi, saat hampir baku hantam Alfa membisikan bahwa ia adalah Sepupuh dari mantan pacar Davi yang meninggal. Davi mengantar Irish pulang,Irish yang curiga ada sesuatu dibalik ini selain dirinya bertanya tapi davi malah menyuruhnya masuk. Davi langsung pergi ditempat yang dijanjijkannya dengan Alfa disana baku hantam benar benar dahsyat dan Alfa mengungkapkan kekecewaannya pada Davi yang PLAYBOY malah sedang asyik pacaran dijakarta dengan Irish. Davi pun jadi teringat bagaimana usahnya bunuh diri hingga ibunya menanggis dihadapannya yang membuat Davi ingin Berubah. Davi hanya pasrah pada Alfa karna memang ia pernah memasrahkan dirinya untuk dibunuh keluarga almarhum pacarnya tsb. Diakhir perpisahaannyadengan Alfa, Davi memberitahu hubungannya Dengan irish hanya SANDIWARA. Davi jadi ngedown tapi ia ingat kenangannya denga Iris dan Doa yang Iris beri padanya membuat Davi Kuat.


Esoknya ALfa Lebam lebam dan memberitahu Irish bahwa ia sudah tau hubungannya dengan davi hanya pura puar sedangkan Davi 2 hari tidak masuk. saat masuk ia malah cuek pada Irish dan membiarkan Alfa mendekati Irish walau didepan davi hal ini membuat Irish sakit Hati karna pengorbanananya SIA SIA. dan Irish berusaha tidak peduli pada Davi & Alfa. hingga saat Davi tidak masuk 3 hari Irish jadi khawatir apalagi ia tau Davi keTemanggu tempat mantan pacar davi meninggal. Irish yang sudah tau siapa Alfa bertanya pada Alfa sedanga APA DAVI malah dijawa mencari Angin. Disaat Davi tak ada Irish menyadari bahwa perasaanya pada Davi belum Hilang.


hingga Saat Davi masuk ia berterimakasih karna Irish peduli. Suatu malam Alfa dengan tampilan rapi datang kerumah Irish dan menembah Irish dengan serius. Dari Jauh Davi melihat dan membaca situasi yang terjadi, Hingga Alfa pulang, Irish merenung sampai Masuk Davi hanya melihat dari jauh. Sampai Davi memutuskan sesuatu.


Esoknya Davi membawa Irish dengan motoe untuk melawan phobianya dengan motor ia mebonceng Irish dengan ngebut kekebun teh Tiba dikebun Teh Davi menyatakan isi hatinya yang disambut oleh Irish. Dan davi memberi secari kertas dengan tulisan.

Doa yang irish kasih buat Davi

Tuhanku....
Bicaralah padaku bial aku kesepian....
Bisikanlah dukungan-Mu bila aku dirundung kecemasan
Dengarkanlah Suaraku bila aku jatuh
Sudilah menjadi bagiku penghiburan dalam perjalanan
Tempat bernaung di waktu panas
Tempat berteduh Di kala Hujan
Tongkat Penuntun dalam kelelahaan
Dan penolong dalam Bahaya
Semoga Aku berhasil
Mencapai tujuanku
Sekarang, dan juga nanti
Pada akhir hidupku.


isi kertas yang diberi Davi pada Irish

Aku telah bernyayi untukmu
Tapi Kau tidak juga menari
Aku telah menangis didepanmu
Tapi kau tidak juga mengerti
Haruskah aku menangis sambil bernyanyi
(Lagu Gelombang by Kahlil Gibran)

note : Novel yang seru dan cukup menegangkan diakhir, jga kesel sama karakter Alfa.
source : gambar

6 komentar:

  1. garis besar ceritanya bagus, kayaknya sedih tapi banyak selipan lucunya...

    boleh kasih masukan? kalo bisa ada jeda satu baris kosong tiap cecerapa kalimat atau ganti lokasi... jadi bisa lebih enak di baca...

    di tunggu resensi selanjutnya ^^

    BalasHapus
  2. Makasih sarannya :D

    sebisa mungkin akan diperbaiki dipost selanjutnya..

    BalasHapus
  3. jadi ingat novel ini....
    kalau gak salah aku baca pas tahun 2005 dan pernah dibuat ke layar kaca....
    jadi kangen pengen baca novel ini lagi....
    makasih ya dev referensinya...

    BalasHapus
  4. Kata Temen yang minjemin ini novel emg udah pernah dibikin kelayar kaca klo nggak salah diTrans 7 thn 2005an

    makasih juga Dewi udah mau Baca & Mampir :D

    BalasHapus
  5. thanks reviewnya...nice post.
    http://kafebuku.com/fairish/

    BalasHapus
  6. sippp... jangan kapok bwt mampir lagi yachhh :)

    BalasHapus

silahkan meninggalkan jejak kalian para reader

DAN
TERIMA KASIH BUAT READER SUDAH MENINGGALKAN JEJAKNYA ^^ Maaf agak ribet saat komen harus masukin Verifikasi abis Blog ku keserang Spam ampe ribuan dalam jangka waktu cuma 1 hari >.<