:: The Green World RouLi ::

Dunia saya, Dunia yang hijau, Dunianya Rouli...

Laman

Translate

Cari Blog Ini

Postingan terupdate ke Email :)

Follow my Twitter ^^

Kamis, 09 Mei 2013

[Ulasan Novel] Di Ujung Malam

viesinaga.blogspot.com
Judul : Di ujung malam
Penulis : Maria A.Sardjono
Tahun Terbit : 2005
Penerbit : Alam Budaya
ISBN : -


Diana yang lahir dari keluarga Sederhana dan Adri yang berasal dari kelurga besar yang bergelimang kejayaaan, jabatan, pangkat dan gelar kesarjanaan yg berderet-deret ,menikah muda. perkawinan itu tidak bahagia karena keluarga Ardi selalu melecehkan keberadaan Diana. Sesuatu yang sebenarnya mereka sengaja sebab sebenarnya Aryantilah yng ingin menjadi istri Adri. Merasa tidak tahan, Diana mengajukan keinginan untuk bercerai tetapi ketika mulai hidup terpisah dari Adri, barulah dirinya mengetahui bahwa dirinya hamil. Padahal Dia sedang berjuang untuk memperbaiki kehidupan keluarganya agar jangan mengalami kepahitan sebagai mana yg ia alami.Dan dengan alasan itu pula lah Diana merahasiakan kehamilannya.

Tak mudah bagi Diana yg Dengan kehamilannya itu Dia harus kuliah dan kemudian bekerja. Oleh karena itu ia merasa bahagia ketika akhirnya berhasil menjadi notaris.

Sayangnya setelah berpisah 9 tahunberpisah dengn Adri dan Diana telah hidup tentram. Laki-laki itu tiba-tiba saja muncul di kantornya. Diana pun menjadi bingung karena ia tidak menyangka bahwa  ternyata masih mencintai Adri yang saat itu sudah menikah dengan Aryanti. Sementara itu rasa berdosa karena telah menyembunyikan keberadaan anaknya, juga muncul dengan kuatnya.
Tetapi itulah kehidupan, selalu saja ada kegelapan di ujung malam.


ISI NOVEL
Diana  dan Adri yang berasal dari keluarga berbeda memilih menikah muda. Pernikahan itu selalu dipenuhi kepahitan bukan karna hubungan pasangan suami-istri namun mertua-menantu. Mertua dan keluarga suaminya selalu melecehkan dan mengejek Diana dengan sengaja karena mereka menginginkan Aryantilah yang mmenjadi istri Adri, karena keluarga Aryanti sama dengan keluarga Adri.

Setelah selalu dihina bahkan kini Aryanti ikut pihak keluarga Ardi untuk menginanya membuat Diana merasa tidak tahan dihina, Diana mengajukan keinginannya untuk bercerai. Adri tak mau bercerai bahkan ia berkali-kali meminta Diana untuk berfikir. Tapi tak ada yang bisa mematahkann keputusan Diana sudah rapuh karena dilecehkan keluarga suaminya sendiri bahkan suami pun tak pernah membela. Akhirnya Adri pun menerima keinginan bercerai, dengan perasaan sedih dan masih saling mencintai mereka bercerai. Diana mengetahui dirinya Hamil setelah ia ingin memulai hidupnya yang baru karna tak ingin lagi terikat keluarga Ardi, Diana memilih merahasiakan kehamilannya. Anak Diana lahir diberikan nama Nining. 

Setelah 9 tahun berlalu, Diana kini hidup dengan tentram dan menjadi notaris yang sukses. Bahkan Diana sempat merasakan cinta walo harus kembali berakhir karna statusnya janda beranak satu. Saat Diana sedang bekerja di kantornya, tiba-tiba muncul Adri, Diana tidak menyangka Adri datang untuk mengurus surat perceraian Adri. Adri memberi tahu Diana bahwa ia telah menikah lagi dengan Aryanti. Diana pun menjadi bingung karena ia tidak menyangka bahwa ternyata dirinya masih mencintai Adri yang sudah menikah dengan Aryanti. Sementara itu rasa berdosa karena telah menyembunyikan keberadaan anaknya. Demi menjaga rahasiannya Diana mengaku sudah menikah dan telah memiliki anak. Namun cinta yang lama mereka pendam meluap-luap, membuat Ibu Ardi gerang dan marah. Diana yang tak ingin berhubungan lagi dengan keluarga Ardi menyangkal dan mengatakan ia telah menikah lagi.

Secara kebetulan Ardi melihat Nining yang berinteraksi dengan Diana. Diana sempat takut namun merasa lega karna Ardi tak menyadari kemiripannya dengan Nining malah ia menghilang selama bebrapa hari dari hidup Diana. Ardi muncul dirumah Diana dengan membongkar kebohongan Diana, dan meminta Diana untuk memulai kehidupan mereka sebagai keluarga lagi. Walau sempat ditolak Diana, akhirnya Ardi mampu meyakinkan Diana belum lagi karna respon Nining yang bahagia akhirnya bertemu ayahnya setelah selama ini hanya melihat melalui foto saja...

HAPPY ENDING ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan meninggalkan jejak kalian para reader

DAN
TERIMA KASIH BUAT READER SUDAH MENINGGALKAN JEJAKNYA ^^ Maaf agak ribet saat komen harus masukin Verifikasi abis Blog ku keserang Spam ampe ribuan dalam jangka waktu cuma 1 hari >.<